Terkini di PLD:
Loading...

Pengelola

Pusat Layanan Difabel adalah lembaga struktural di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). PLD dipimpin oleh seorang kepala pusat dan didukung oleh sekelompok tenaga ahli yang mengelola program-program strategis.
Kepala Pusat
Dr. Arif Maftuhin, M.A
Peneliti
- Ro’fah, Ph.D (Dosen Pascasarjana)
- Muhrisun Afandi, M.SW (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum)
- Andayani, MSW (Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi)
- Siti Aminah, M.Si (Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi)
- Asep Jahidin, M.Si (Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi)
- Astri Hanjarwati, M.Si (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora)
- Jamil Suprihatiningrum, M. Pd. Si (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi)
Kesekretariatan dan Layanan
- Oemi Hani Latifah
- Nur Ridwan, S.Pd
_______________________________________________________
  
PROFIL PENGELOLA PLD


Dr. Arif Maftuhin, M.A 
Pak Arif adalah alumni Jurusan Muamalah-Jinayah di Fakultas Syariah Surakarta, IAIN Walisongo (1998). Ia kemudian melanjutkan studi S2 dalam bidang hukum Islam di IAIN Sunan Kalijaga (2000), Yogyakarta dan hubungan internasional di Henry M. Jockson School for International Studies di University of Washington (2007). gelar doktor sejarah pemikiran hukum Islam diperoleh dari  UIN Sunan Kalijaga (2016).
Mengajar di Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Pak Arif banyak mengembangkan diri melalui berbagai program pelatihan dan sertifikat. Ia adalah lulusan pertama program Belajar Bersama Demokrasi di Yayasan LKiS Yogyakarta (1999), Workshop Islam dan Gender tingkat Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh PSW UIN Sunan Kalijaga (2004), Shortcourse on Community Development di McGill University, Montreal, Canada (2004). Terakhir (2013), ia mengambil dua certificate program, Training and Facilitation dan Advocacy dari St. Francis Xavier University di Canada.
Pak Arif terlibat di dunia difabilitas sejak tahun 2003 ketika mengelola program community development berbasis inklusi yang dijalankan oleh Dria manunggal dan UN ESCAP (The United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific). Ia bergabung dengan PLD pada tahun 2010 dan mengelola program-program yang terkait dengan teknologi bantu dan menyibukkan diri dalam penelitian Islam dan disabilitas.
Pak Arif adalah ketua PLD pertama (setelah berubah dari PSLD) yang menjabat dari tahun 2013-2015. Sempat berhenti selama setahun (2015-2016) untuk menjabat sebagai Ketua Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, ia kembali diberi amanat untuk menjabat sebagai Ketua PLD periode 2016-2020.

Ro'fah, MSW, Ph.D
Majalah Diffa pernah menyebutnya sebagai "Perintis Kampus Inklusif". Bu Ro'fah, bersama Bu Aan dan Pak Muhrison, adalah penggagas dan pendiri Pusat Studi dan Layanan Difabel pada tahun 2006. Mereka memperoleh inspirasi dari kampus mereka di McGill University, Canada, tempat Bur Ro'fah menempuh pendidikan S2 dan S3 di bidang Social Work. Dari Montreal itulah PLD mereka impikan dan wujudkan. Sepulang dari studi, Bu Ro'fah meneruskan kepemimpinan Bu Aan di PLD dan menjadi direktur antara tahun 2010-2013.
Di antara pengelola PLD saat ini, Bu Ro'fah adalah orang yang paling dikenal di gerakan difabel di Indonesia karena ia juga aktif di Konas Difabel (Konsorsium Nasional), sebuah konsorsium gerakan berbagai organisasi difabel dan LSM yang concern dengan masalah disabilitas di Indonesia.
Bu Ro'fah juga banyak terlibat dalam advokasi hingga perumusan kebijakan publik di bidang disabilitas. Salah satunya adalah peran pentingnya dalam penyusunan naskah akademik Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No. 4 tahun 2012 tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.


Andayani, S.IP, MSW
Bu Aan, panggilan akrabnya, adalah salah satu pendiri dan pernah memimpin PLD pada tahun 2007-2010. Ia adalah alumni Jurusan Komunikasi Fisipol UGM. Memperoleh pendidikan master social work dari McGill University di Montreal, Canada, saat ini ia adalah pengajar di Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sebagai pendiri dan ketua pertama, Bu Aan adalah orang yang paling berpengalaman dalam berurusan dengan anak-anak difabel di UIN Sunan Kalijaga dan dengan masalah-masalah yang mereka hadapi dalam menempuh pendidikan di lingkungan inklusif. Jika ingin mengetahui seluk beluk beridirinya PLD dan bagaimana perkembangan para difabel sejak sebelum zaman PSLD hingga zaman PLD saat ini, Bu Aan adalah orang yang paling tepat.
Bu Aan cukup banyak melakukan penelitian terkait dengan difabel dan menjadi salah satu penulis buku Best Practices Pengorganisasian Unit Layanan Difabel (2010), buku yang secara baik menggambarkan apa yang harus dilakukan oleh sebuah unit layanan difabel dan menjadi cikal bakal buku panduan univeristas inklusi yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Saat ini Bu Aan bertanggungjawab sepenuhnya dalam pengelolaan Jurnal Disabilitas dan Pendidikan Inklusi, satu-satunya jurnal ilmiah di Indonesia yang secara khusus membincang masalah masalah-masalah penyandang disabilitas dan pendidikan.


Astri Hanjarwati,S.Sos,M.A
Ibu yang dikaruniai seorang putri ini sehari-hari menjadi pengajar di Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial di UIN Sunan Kalijaga. Iadalah lulusan S1 Ilmu Sosiatri Fisipol UGM (2003-2007) dan S2 Kebijakan & Kesejahteraan Sosial Fisipol (2007-2009) di Universitas yang sama. Saat ini Bu Astri tengah menempuh dan menyelesaikan studi S3 Geografi juga di Universitas Gadjahmada.
Sebelum bergabung dengan PLD dan UIN Sunan Kalijaga, Bu Astri banyak mengenyam pengalaman di dunia penelitian sejak lulus sarjana. Pada tahun 2007, ia telah menjadi asisten peneliti Prof. Mudiyono (Fisipol UGM), kemudian asisten peneliti di PSKK UGM, menjadi koordinator lapangan program LPPM UGM (2008), Asisten peneliti PSKE UGM (2009), dan terakhir menjadi peneliti peneliti Bidang sosial politik di Lembaga Kajian kebijakan Publik Sabang Merauke Circle Jakarta (2009-2010).
Bergabung di Pusat Layanan Difabel sejak tahun 2012, Bu Astri bekerja keras dalam bidang pendampingan difabel dan relawan. Ia juga melakukan sejumlah penelitian yang terkait kebijakan pemerintah dalam pendidikan inklusi. Terakhir, ia melakukan penelitian “Evaluasi implementasi kebijakan pendidikan inklusif di Kota Yogyakarta (2013)”.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Meet The Staff
The qualified staff at PLD is commited to helping students with disabilities succeed at UIN Sunan Kalijaga

Director
Dr. Arif Maftuhin, M.A
Researcher
- Ro’fah, Ph.D (Lecturer of Postgraduate Faculty)
- Muhrisun Afandi, M.SW (Lecturer of Syariah and Law Faculty)
- Andayani, MSW (Lecturer of Dakwah and Communication Faculty)
- Siti Aminah, M.Si (Lecturer of Dakwah and Communication Faculty)
- Asep Jahidin, M.Si (Lecturer of Dakwah and Communication Faculty)
- Astri Hanjarwati, M.Si (Lecturer of Sosial Science and Humanity Faculty)
- Jamil Suprihatiningrum, M. Pd. Si (Lecturer of Science and Technology Faculty)
Secretary
- Oemi Hani Latifah
- Nur Ridwan, S.Pd

_______________________________________________________