Terkini di PLD:
Loading...

ADMISI


1. Dari jalur-jalur pendaftaran yang ada, apakah difabel dapat mendaftar?
Difabel dapat mendaftar ke UIN Sunan Kalijaga melalui semua jalur yang tersedia:
  • Pendaftar difabel akan diperlakukan dengan baik dan mendapatkan akomodasi yang diperlukan. Seperti pendampingan untuk Tuli dan Tunanetra, atau akomodasi ruangan untuk Tunadaksa.

2. Lalu, apakah yang dimaksud dengan "pendaftaran jalur khusus difabel"?
Jika Anda merasa keberatan dengan proses dan persyaratan jalur-jalur pendaftaran yang diselenggarakan secara nasional (SNMPTN/SBMPTN/SAPN-PTKIN/UM-PTKIN), Anda dapat mengikuti jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga.Untuk pendfatar difabel, jalur ini telah diakomodasi sedemikian rupa agar semua kebutuhan difabel dengan beragam difabilitasnya dapat terakomodasi secara maksimal.
Melalui jalur Mandiri, difabel dapat memperoleh berbagai adaptasi, misalnya jumlah soal yang dikerjakan, jenis soal yang dikerjakan, waktu mengerjakan yang lebih lama, dan akomodasi-akomodasi aksesibilitas lain yang mungkin diperlukan sesuai kondisi disabilitasnya.

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri
Persyaratan Umum
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2017 dan 3 (tiga) tahun sebelumnya. Lulusan tahun 2016, 2015, dan 2014 harus sudah memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun 2017 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah. Khusus seleksi jenis CBT dapat diikuti oleh siswa yang akan lulus Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara.
  2. Membayar biaya seleksi PMB di Bank Mandiri atau Bank BNI.
  3. Mendaftar secara online di http://admisi.uin-suka.ac.id
  4. Khusus difabel calon mahasiswa baru menyertakan “Surat keterangan disabilitas” dari dokter/psikolog dan menyerahkannya pada saat tes wawancara.
Persyaratan Khusus
  1. Program Studi di Fakultas Sains dan Teknologi hanya dapat dipilih oleh peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat Jurusan IPA/Teknik.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di program studinya.
  3. Memiliki nilai rapor bahasa Arab minimal 7 (tujuh) khusus Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.


3. Apakah difabel dapat mendaftar di semua prodi?

Pada prinsipnya difabel dapat mendaftar di semua prodi. Tetapi kami merekomendasikan agar para difabel calon mahasiswa UIN menghubungi Pusat Layanan Difabel untuk memperoleh gambaran aksesibilitas dan layanan yang bisa disediakan oleh UIN Sunan Kalijaga. Misalnya, mahasiswa tunanetra dapat mendaftar di semua prodi, tetapi untuk mendaftar di Prodi Kimia, UIN Sunan Kalijaga belum dapat secara maksimal memberikan aksesibilitas dan akomodasi yang diperlukan untuk mahasiswa tunanetra. Selama mahasiswa difabel menyetujui kondisi-kondisi yang diperlukan, ia dapat mememilih semua prodi yang ada.

4. Apakah ada beasiswa khusus difabel?
Mulai tahun akademik 2016/2017, Pusat Layanan Difabel memperoleh beasiswa dari PT. Astra Honda Motor. Sebanyak 15 beasiswa disediakan setiap semesternya bagi mereka yang memenuhi syarat IPK, syarat tidak mampu, dan belum menerima beasiswa dari tempat lain.


5. Adakah yang dapat kami hubungi untuk konsultasi?
Bila diperlukan, Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga akan membantu Anda sepenuhnya dari proses pemilihan prodi, admisi, dan proses administrasi.

Prosedur dan Pendaftaran:
Lihat di admisi.uin-suka.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut tentang admisi khusus difabel, hubungi:

Telp/WA 0877 3973 3000
email: pld@uin-suka.ac.id.