Terkini di PLD:
Loading...

PROFIL



Pusat Layanan Difabel (PLD) adalah unit layanan untuk para difabel di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. PLD berdiri pada tanggal 2 Mei 2007 dengan nama Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD).

Terbentuknya PLD diilhami oleh pengalaman para pendiri maupun para difabel yang telah kuliah di UIN (IAIN) Sunan Kalijaga sebelum PLD berdiri. PLD kini telah menjadi lembaga struktural di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Kalijaga.Pada tahun akademik 2015/2016 ini PLD memberikan layanan kepada 55 mahasiswa difabel di UIN, yang terdiri atas mahasiswa tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa.

Selain menjadi unit layanan, PLD  juga berperan sebagai pusat studi yang melakukan kajian akademis tentang berbagai masalah disabilitas seperti: disabilitas dan Islam, pendidikan inklusi, akses ke lapangan pekerjaan, studi kebijakan terkait hak-hak difabel, dan lain-lainnya.


TUJUAN

Dilandasi filosofi bahwa mahasiswa difabel memiliki hak yang sama dengan mereka yang non-difabel, PLD bertujuan meminimalisir hambatan akademis dan sosial yang dialami mahasiswa difabel sehingga mereka mampu memiliki kesempatan dan tingkat partisipasi yang sama dengan mahasiswa lain.

PLD memberikan dukungan kepada segenap warga kampus: pimpinan, dosen, staff, dan mahasiswa non-difabel untuk menciptakan aksesibilitas di lingkungan maupun dalam akifitas mereka. PLD menfasilitasi UIN menjadi sebuah kampus inklusif yang menghargai dan mengakomodir perbedaan mahasiswa dan semua warga kampus, khususnya mahasiswa difabel.

VISI 

UIN Sunan Kalijaga sebagai sebagai universitas inklusif dan terkemuka dalam pemenuhan hak-hak difabel di Indonesia

MISSI

    1. Merumuskan kebijakan0kebijakan pokok untuk mewujudukan pendidikan tinggi inklusif di UIN Sunan Kalijaga.
    2. Merancang dan mengimplementasikan program peningkatan kapasitas dalam pemenuhan ha-hak difabel di lingkup UIN Sunan Kalijaga.
    3. Melaksanakan riset dan publikasi ilmiah dalam studi disabilitas dan pendidikan inklusif.

      ALAMAT:

      Gedung Rektorat Lama Lt. 1
      UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
      Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281
      Telp/WA 0877-3973-3000

      DOWNLOAD

       ----------------------------------------------------------------------------

      PLD is The Center for Disability Service at The State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. PLD was found in May, 2nd 2007 and  was known as the Center for Research and Disability Services (PSLD).

      The establishment of PLD was inspired by the experience of the founders and the disabled students who have studied at UIN (IAIN) Sunan Kalijaga before PLD stands. PLD has now become a structural institution under the Institute for Research and Community Services (LP2M) UIN Sunan Kalijaga.

      In current academic year, PLD provide services to 55 students with disabilities at the university, which consist of students with visual impairment, hearing impairment, and physical impairment. Besides as service unit, PLD also act as a study center that doing academic research on various disability issues such as disability and Islam, inclusive education, access to employment, policy studies related to the rights of the disabled and others.

      OBJECTIVE

      In Indonesia, the laws guarantee appropriate educational services for each person with disabilities at all levels of the system. Disabled students have the same rights as non-disabled students, PLD aim to minimize environmental and attitudinal barriers academic which happened to students with disabilities. So, they can have the same opportunity and  participation with other students.

      VISION

      UIN as an inclusive university and prominent in promoting the rights of students with disabilities in Indonesia.

      MISSION
      1. Formulating policies to implement the vision of UIN Sunan Kalijaga as an inclusive university.
      2. Designing programs to build the UIN capacity in fulfilling the right and the need of students with disabilities.
      3. Promoting research and academic publication in the field of disability studies and inclusive education..



      Last updated, February 2022