Terkini di PLD:
Loading...

RISET

PLD adalah "rumah riset" dalam dua pengertian:  pertama, sebagai pusat layanan, PLD menjadi tempat penelitian; kedua, sebagai pusat studi, kami melakukan riset tentang berbagai issu disabilitas dan pendidikan inklusi.

Sebagai tempat penelitian, hampir tiap hari para peneliti atau "calon peneliti" datang ke PLD. Mulai dari sekedar wawancara dengan para mahasiswa difabel, wawancara dengan relawan, maupun dengan para pengelola PLD. PLD adalah tempat yang tepat untuk melakukan observasi bagaimana para difabel memanfaatkan waktu sela mereka di antara kesibukan kuliah.

Jika Anda ingin melakukan penelitian di bidang disabilitas, berkunjung saja ke rumah kami dan kami akan selalu siap membantu Anda.

Sebagai pusat studi, PLD mewacanakan “disability studies” sebagai sebuah kajian akademik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan universitas-universitas lain. Dalam beberapa waktu terakhir PLD telah melakukan beberapa penelitian penting dalam bidang disabilitas dan pendidikan inklusi, di antaranya:

- Eksklusi Sosial Mahasiswa Difabel di lingkup sosial dan akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2006)
- Studi Kebijakan Undang-Undang no 4, tahun 1997 tentang penyandang cacat dan implementasinya di UIN Sunan Kalijaga (2007)
- Strategi Pembelajaran Adaptif untuk Mata Kuliah Statistik dan Bahasa Arab di UIN Sunan Kalijaga. (2010)
- Challenges and Opportunity : Access of people with disabilities in tertiary education. (2010)
- Menuju Yogyakarta Inklusif: Kajian Akademik Raperda Penyandang Disabilitas Propinsi DIY, (2011)
- Strategi Coping Mahasiswa Tunarungu dalam Studi di UIN Sunan Kalijaga (2012)
- Aksesibilitas Ibadah bagi Difabel (2013)
- Kebijakan Pendidikan Inklusi di Kota Yogyakarta (2014)