Terkini di PLD:
Loading...

Jadwal dan Ruang Panel ICODIE


ICODIE 2018 menyediakan 10 panel menarik dengan berbagai tema studi disabilitas dan pendidikan inklusi. Silakan cek brosur di bawah, perhatikan kode panelnya (A1 sampai E2), dan klik registrasi online di sini: 

Kode *1 untuk panel Pukul 13.00-14:45
Kode *2 untuk panel Pukul 15:15-17:00

Sampai ketemu di Jogja!


Sesi A1
Perpustakaan (Ruang Teatrikal)
13:00 – 14:45
Tema: Pendidikan Inklusif
Moderator: Abdullah Fikri
No.
Presenter
Judul
1
Farida Ariani; Ismail Makki
Measuring Social Engagement and Interaction of Childern With Autism in Learning
2
Yulia Anggraini
Potret Hubungan Sosial Mahasiswa Slow Learner
3
M. Arifanto
Potret Kehidupan Mahasiswa Tunagrahita di dalam dan di luar Kelas: Studi Naratif Pendidikan Inklusif di Universitas Brawijaya Malang
4
ST. Fanatus Syamsiyah; A. Zulkarnain Ali; David Kristian Susilo
Implementasi Pendidikan Inklusif pada Pos PAUD (Studi Terhadap POS PAUD di Desa Jemberarum Kecamatan Puger
5
Umar Sidiq; Lailatul Istifadah
Manajemen Modifikasi Kurikulum Pendidikan Inklusi (Studi Kasus di Sekolah National Immersion Primary School Ponorogo)

Sesi A2
Perpustakaan (Ruang Teatrikal)
15:15 – 17:00
Tema: Pendidikan Inklusif
Moderator: Siti Aminah

No
Presenter
Judul
1
Admila Rosada; Nadia Indah Permatasari
Memahami Dinamika Psikologi Anak Dengan Masalah Emosi, Sosial, dan Perlakuan di Setting Sekolah Inklusi
2
Amiqah
Presepsi Guru Pendamping Khusus di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa terhadap Praktik Pendidikan Inklusif
3
Analistia Puspa
Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Integrated Learning dengan Menggunakan Pendekatan Universal Design for Learning (UDL)
4
Anis Fitriyah
Model Evaluasi Pembelajaran dalam Setting Inklusi Bagi Siswa dengan Disabilitas di SD Intis School Yogyakarta




Sesi B1
Perpustakaan (Ruang IT)
13:00 – 14:45
Tema: Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial
Moderator: Muhrisun

No
Presenter
Judul
1
Dina Oktavia
Motivasi, Semangat dan Jangan Menyerah Diri: Penyandang DIsabilitas dalam meningkatkan Kesejahteraan Sosial
2
Hendro Luholima
Hak Orang Tuli atas Komunikasi Berdasrkan UU no 8, 2016 tentang penyandang Disabilitas
3
Muhammad Ash – Shiddiqy
Pemberdayaan Difabel Melalui Program NU PRENEUR oleh NU Care LAZISNU DIY
4
Presti Murni Setiati
Studi Partisipatori: Akses Difabel terhadap Sumber Mata Pencaharian di 8 Desa Rintisan Desa Inklusi
5
Muhammad Syafi’ie
Kajian Pertimbangan Perspektif Disabilitas dalam Putusan Kasus Difabel Berhadapan dengan Hukum

Sesi B2
Perpustakaan (Ruang IT)
15:15 – 17:00
Tema: Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial
Moderator: Asep Jahidin

No
Presenter
Judul
1
Sriharini; David Safri Anggara
Desa Inklusi sebagai Upaya Memberdayakan Masyarakat Penyandang Disabilitas (Studi Kasus Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul)
2
Weni Tria Anugra Putri
Menelusuri Jejak Marginalisasi Disleksia
3
Yunita Rappun; Apprilia Vetricia Gandrung;  The Maria Meiwati Widagdo
Perbandingan Kualitas Hidup orang dengan Penglihatan  Normal, Low Vision Terkoreksi, Low Vision Tak Terkoreksi dan Orang Buta di DIY
4
M. Najib Husain; Dewi Anggraini; Sirajuddin
Fungsi Pemilihan Umum dalam Sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Penyandang Disabilitas di Kabupaten Kolaka Timur
Catatan: No. 4 tema lainnya yang dimasukkan ke sesi ini.


Sesi C1
Ushuludin (Smart Room)
13:00 – 14:45
Tema: Gender dan Disabilitas
Moderator: Andayani

No
Presenter
Judul
1
Egi Prayoga
Pendidikan Inklusif: Transmisi dan Transformasi Pendidikan Agama (Islam) di Pondok Pesantren Waria Alfatah Kotagede
2
Gilang Rony Gunawan
Gerakan Perempuan Islam Yogyakarta dalam Memperjuangkan Eksistensi Perempuan Penyandang Disabilitas
3
Siti Kasiyati; Abdullah;Tri Wahyudi; Sidik
Disabilitas dan Pendidikan: Aksesibilitas Pendidian Bagi Anak Difabel Korban kekerasan
4
Dewi Anggraini; Ratna Supiyah
Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Disabilitas di Kota Kendari
Catatan: No. 4 tema lainnya yang dimasukkan ke sesi ini.

Sesi C2
Ushuludin (Smart Room)
15:15 – 17:00
Tema: Pendidikan Inklusif
Moderator: Liana Aisyah

1
Desiana Wati Susena
Metode Pembinaan Seni Rupa (Ekspresi, Sensitivitas, dan Keterampilan) untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan dan Memfasilitasi Kebutuhan Semua Anak
2
Imam Satibi
Madrasah inklusif di Kebumen
3
Jamiludin
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Menanamkan Nilai Inklusi di Kelas V SD Tumbuh 2 Yogyakarta
4
Muhammad Abdul Latif
Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Usia 5-6 Tahun Pada Pendidikan Inklusi di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta



Sesi D1
Dakwah (Ruang Rapat Lt. 2)
13:00 – 14:45
Tema: Teknologi dan Disabilitas
Moderator: Astri Hanjarwati

1
Fadhilah Rahmawati
Era Industri 4.0: Edukasi untuk Membangun Awareness Publik Tentang ABK
2
Miska Fitriana
Aksesibilitas Digital Library dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa Tunarungu
3
Reflianto
Implementation of Interactive Read-Aloud Model By Using ICT Proram to Improve Reading Skill for students With Reading Disability
4
Sukardi Abbas
Lifelong Learning (Pembelajaran Kolaboratif Secara Inklusif untuk Menyiapkan Generasi Digitasl yang Humanis)

Sesi D2
Dakwah (Ruang Rapat Lt. 2)
15:15 – 17:00
Tema: Teknologi dan Disabilitas
Moderator: Arin Mamlakah Kalamika

1
Egi Tanadi Taufik; Elyulie Khamidah; Zuhairina Lailatul 'Izzah
Ayat dan Makna Al-Qur'an Bagi Difabel Tuli (Aplikasi Sign Language dan Body Language dalam pembelajaran QS Al-Fatihah)
2
Gilang Rony Gunawan
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Adobe Flash CS 6 untuk Siswa SMPLB/B (Tunarungu) Pokok Bahasan Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
3
Hanifah Risti Aini
Potret Difabel dalam Media Online di Indonesia
4
Ika Ariyanti; Edi Purwanta
Kompetensi Konselor dan Permasalahan Kesadaran Disabilitas
Catatan: No. 4 tema lainnya yang dimasukkan ke sesi ini.



Sesi E1
LPPM/Rektorat Lama (Ruang Sidang IV)
13:00 – 14:45
Tema: Agama, Budaya, dan Disabilitas
Moderator: Abidah Muflihati

1
Dr. Tatik, M. Tasnimah
Sastra Arab dan Disabilitas (Pendekatan Ekpresif terhadap Puisi “ al- Marsiyyah”  karya Al- Ma’arri)
2
Ismi Rahmayanti
Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasa Spiritual Anak tuna Grahita di YLPB Nusantara Depok
3
Mohammad Yazid Mubarak
Hak-hak dan Kewajiban Kaum DIsabilitas Sebelum dan Setelah Islam Datang
4
Redite Kurniawan
Implementasi Individual Education Program (IEP) ABK berbasis Nilai Religious di Madrasah Ibtidaiyah
5
Siti Rohmaturrosyadah Rahmawati
Pembelajaran Baca, Tulis dan Tahfidz Al Quran bagi Tunanetra (Studi Kasus Panti TN Terpadu Ponorogo)

Sesi E2
LPPM/Rektorat Lama (Ruang Sidang IV)
15:15 – 17:00
Tema: Agama, Budaya, dan Disabilitas
Moderator: Ro’fah

1
Afif Syaiful Mahmudin
Membangun Inklusivitas Keberagamaan antara Masyarakat dengan Penyandang Tuna Daksa melalui Bimbingan Fikih Ibadah di Rumah Kasih Sayang Desa Krebet, Jambon, Ponorogo
2
Anis Nur Izza Fitria; Fithriyyatul Fadhilah
Peningkatan Daya Ingat Tuna Rungu terhadap huruf Al Quran dengan Metode Takrir
3
Anwari Nuril Huda
Al Qur’an, Mufasir dan Difabilitas: Studi Ayat Ayat Disabilitas dakam tafsir Ulama Nusantara di MAsa Klasik dan Modern
4
Bayu Anggoro; Sariyatun; Susanto
Candi Simbol Penguat Rasa Solidaritas Antar Umat Beragama dan Kaum Disabilitas
5
Budi Agus Sumantri
Pendidikan Inklusif dalam Surat Al Hujarat ayat 11 – 13 dan Surat Abasa Ayat 1 – 10: perspektif Mufassir Klasik dan Kontemporer

 

You Might Also Like

0 comments