Jadwal dan Ruang Panel ICODIE
ICODIE 2018 menyediakan 10 panel menarik dengan berbagai tema studi disabilitas dan pendidikan inklusi. Silakan cek brosur di bawah, perhatikan kode panelnya (A1 sampai E2), dan klik registrasi online di sini:
Kode *1 untuk panel Pukul 13.00-14:45
Kode *2 untuk panel Pukul 15:15-17:00
Sesi A1
Perpustakaan (Ruang Teatrikal)
13:00 – 14:45
Tema: Pendidikan Inklusif
Moderator: Abdullah Fikri
|
||
No.
|
Presenter
|
Judul
|
1
|
Farida Ariani; Ismail Makki
|
Measuring Social Engagement and Interaction of Childern With Autism in
Learning
|
2
|
Yulia Anggraini
|
Potret Hubungan Sosial Mahasiswa Slow Learner
|
3
|
M. Arifanto
|
Potret Kehidupan Mahasiswa Tunagrahita di dalam dan di luar Kelas: Studi
Naratif Pendidikan Inklusif di Universitas Brawijaya Malang
|
4
|
ST. Fanatus Syamsiyah; A. Zulkarnain Ali; David Kristian Susilo
|
Implementasi Pendidikan Inklusif pada Pos PAUD (Studi Terhadap POS PAUD
di Desa Jemberarum Kecamatan Puger
|
5
|
Umar Sidiq; Lailatul Istifadah
|
Manajemen Modifikasi Kurikulum Pendidikan Inklusi (Studi Kasus di Sekolah
National Immersion Primary School Ponorogo)
|
Sesi A2
Perpustakaan (Ruang Teatrikal)
15:15 – 17:00
Tema: Pendidikan Inklusif
Moderator: Siti Aminah
|
||
No
|
Presenter
|
Judul
|
1
|
Admila Rosada; Nadia Indah Permatasari
|
Memahami Dinamika Psikologi Anak Dengan Masalah Emosi, Sosial, dan
Perlakuan di Setting Sekolah Inklusi
|
2
|
Amiqah
|
Presepsi Guru Pendamping Khusus di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman
Siswa terhadap Praktik Pendidikan Inklusif
|
3
|
Analistia Puspa
|
Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran
Integrated Learning dengan Menggunakan Pendekatan Universal Design for
Learning (UDL)
|
4
|
Anis Fitriyah
|
Model Evaluasi Pembelajaran dalam Setting Inklusi Bagi Siswa dengan
Disabilitas di SD Intis School Yogyakarta
|
Sesi B1
Perpustakaan (Ruang IT)
13:00 – 14:45
Tema: Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial
Moderator: Muhrisun
|
||
No
|
Presenter
|
Judul
|
1
|
Dina Oktavia
|
Motivasi, Semangat dan Jangan Menyerah Diri: Penyandang DIsabilitas dalam
meningkatkan Kesejahteraan Sosial
|
2
|
Hendro Luholima
|
Hak Orang Tuli atas Komunikasi Berdasrkan UU no 8, 2016 tentang
penyandang Disabilitas
|
3
|
Muhammad Ash – Shiddiqy
|
Pemberdayaan Difabel Melalui Program NU PRENEUR oleh NU Care LAZISNU DIY
|
4
|
Presti Murni Setiati
|
Studi Partisipatori: Akses Difabel terhadap Sumber Mata Pencaharian di 8
Desa Rintisan Desa Inklusi
|
5
|
Muhammad Syafi’ie
|
Kajian Pertimbangan Perspektif Disabilitas dalam Putusan Kasus Difabel
Berhadapan dengan Hukum
|
Sesi B2
Perpustakaan (Ruang IT)
15:15 – 17:00
Tema: Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial
Moderator: Asep Jahidin
|
||
No
|
Presenter
|
Judul
|
1
|
Sriharini; David Safri Anggara
|
Desa Inklusi sebagai Upaya Memberdayakan Masyarakat Penyandang
Disabilitas (Studi Kasus Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung
Kidul)
|
2
|
Weni Tria Anugra Putri
|
Menelusuri Jejak Marginalisasi Disleksia
|
3
|
Yunita Rappun; Apprilia Vetricia Gandrung; The Maria Meiwati Widagdo
|
Perbandingan Kualitas Hidup orang dengan Penglihatan Normal, Low Vision Terkoreksi, Low Vision
Tak Terkoreksi dan Orang Buta di DIY
|
4
|
M. Najib Husain; Dewi Anggraini; Sirajuddin
|
Fungsi Pemilihan Umum dalam Sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah
Penyandang Disabilitas di Kabupaten Kolaka Timur
|
Catatan: No. 4 tema lainnya yang dimasukkan ke sesi
ini.
|
Sesi C1
Ushuludin (Smart Room)
13:00 – 14:45
Tema: Gender dan Disabilitas
Moderator: Andayani
|
||
No
|
Presenter
|
Judul
|
1
|
Egi Prayoga
|
Pendidikan Inklusif: Transmisi dan
Transformasi Pendidikan Agama (Islam) di Pondok Pesantren Waria Alfatah
Kotagede
|
2
|
Gilang Rony Gunawan
|
Gerakan Perempuan Islam Yogyakarta dalam
Memperjuangkan Eksistensi Perempuan Penyandang Disabilitas
|
3
|
Siti Kasiyati; Abdullah;Tri Wahyudi; Sidik
|
Disabilitas dan Pendidikan: Aksesibilitas
Pendidian Bagi Anak Difabel Korban kekerasan
|
4
|
Dewi Anggraini; Ratna Supiyah
|
Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian
Anak Disabilitas di Kota Kendari
|
Catatan: No. 4 tema lainnya yang dimasukkan ke sesi
ini.
|
||
Sesi C2
Ushuludin (Smart Room)
15:15 – 17:00
Tema: Pendidikan Inklusif
Moderator: Liana Aisyah
|
||
1
|
Desiana Wati Susena
|
Metode Pembinaan Seni Rupa (Ekspresi, Sensitivitas, dan Keterampilan)
untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan dan Memfasilitasi Kebutuhan
Semua Anak
|
2
|
Imam Satibi
|
Madrasah inklusif di Kebumen
|
3
|
Jamiludin
|
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Menanamkan Nilai Inklusi di
Kelas V SD Tumbuh 2 Yogyakarta
|
4
|
Muhammad Abdul Latif
|
Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Usia 5-6 Tahun Pada
Pendidikan Inklusi di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource
Center (ECCD-RC) Yogyakarta
|
Sesi D1
Dakwah (Ruang Rapat Lt. 2)
13:00 – 14:45
Tema: Teknologi dan Disabilitas
Moderator: Astri Hanjarwati
|
||
1
|
Fadhilah Rahmawati
|
Era Industri 4.0: Edukasi untuk Membangun Awareness Publik Tentang ABK
|
2
|
Miska Fitriana
|
Aksesibilitas Digital Library dalam Meningkatkan Literasi Informasi
Mahasiswa Tunarungu
|
3
|
Reflianto
|
Implementation of Interactive Read-Aloud Model By Using ICT Proram to
Improve Reading Skill for students With Reading Disability
|
4
|
Sukardi Abbas
|
Lifelong Learning (Pembelajaran Kolaboratif Secara Inklusif untuk
Menyiapkan Generasi Digitasl yang Humanis)
|
Sesi D2
Dakwah (Ruang Rapat Lt. 2)
15:15 – 17:00
Tema: Teknologi dan Disabilitas
Moderator: Arin Mamlakah Kalamika
|
||
1
|
Egi Tanadi Taufik; Elyulie Khamidah; Zuhairina Lailatul 'Izzah
|
Ayat dan Makna Al-Qur'an Bagi Difabel Tuli (Aplikasi Sign Language dan
Body Language dalam pembelajaran QS Al-Fatihah)
|
2
|
Gilang Rony Gunawan
|
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Adobe Flash CS 6
untuk Siswa SMPLB/B (Tunarungu) Pokok Bahasan Usaha Manusia dalam Memenuhi
Kebutuhan
|
3
|
Hanifah Risti Aini
|
Potret Difabel dalam Media Online di Indonesia
|
4
|
Ika Ariyanti; Edi Purwanta
|
Kompetensi Konselor dan Permasalahan Kesadaran Disabilitas
|
Catatan: No. 4 tema lainnya yang dimasukkan
ke sesi ini.
|
Sesi E1
LPPM/Rektorat Lama (Ruang Sidang IV)
13:00 – 14:45
Tema: Agama, Budaya, dan Disabilitas
Moderator: Abidah Muflihati
|
||
1
|
Dr. Tatik, M. Tasnimah
|
Sastra Arab dan Disabilitas (Pendekatan Ekpresif terhadap Puisi “ al- Marsiyyah” karya Al- Ma’arri)
|
2
|
Ismi Rahmayanti
|
Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasa Spiritual Anak tuna Grahita
di YLPB Nusantara Depok
|
3
|
Mohammad Yazid Mubarak
|
Hak-hak dan Kewajiban Kaum DIsabilitas Sebelum dan Setelah Islam Datang
|
4
|
Redite Kurniawan
|
Implementasi Individual Education Program (IEP) ABK berbasis Nilai
Religious di Madrasah Ibtidaiyah
|
5
|
Siti Rohmaturrosyadah Rahmawati
|
Pembelajaran Baca, Tulis dan Tahfidz Al Quran bagi Tunanetra (Studi Kasus
Panti TN Terpadu Ponorogo)
|
Sesi E2
LPPM/Rektorat Lama (Ruang Sidang IV)
15:15 – 17:00
Tema: Agama, Budaya, dan Disabilitas
Moderator: Ro’fah
|
||
1
|
Afif Syaiful Mahmudin
|
Membangun Inklusivitas Keberagamaan antara Masyarakat dengan Penyandang
Tuna Daksa melalui Bimbingan Fikih Ibadah di Rumah Kasih Sayang Desa Krebet,
Jambon, Ponorogo
|
2
|
Anis Nur Izza Fitria; Fithriyyatul Fadhilah
|
Peningkatan Daya Ingat Tuna Rungu terhadap huruf Al Quran dengan Metode
Takrir
|
3
|
Anwari Nuril Huda
|
Al Qur’an, Mufasir dan Difabilitas: Studi Ayat Ayat Disabilitas dakam
tafsir Ulama Nusantara di MAsa Klasik dan Modern
|
4
|
Bayu Anggoro; Sariyatun; Susanto
|
Candi Simbol Penguat Rasa Solidaritas Antar Umat Beragama dan Kaum
Disabilitas
|
5
|
Budi Agus Sumantri
|
Pendidikan Inklusif dalam Surat Al Hujarat ayat 11 – 13 dan Surat Abasa
Ayat 1 – 10: perspektif Mufassir Klasik dan Kontemporer
|
0 comments