Terkini di PLD:
Loading...
, , , , , ,

Ikutilah Seminar “Pendidikan untuk Semua” dan Jalan Sehat Milad PLD UIN Sunan Kalijaga


Poster Seminar & Jalan Sehat Milad PLD ke-8
Yogyakarta (23/04), Istilah pendidikan inklusi mengemuka semenjak tahun 1990 bersamaan dengan munculnya konferensi dunia tentang pendidikan untuk semua atau yang lebih populer disebut Education for All. Konferensi ini diteruskan dengan  pernyataan Salamanca tentang pendidikan inklusi pada tahun 1994. Di Indonesia sendiri konsep pendidikan untuk semua sebenarnya sudah lama tertulis dalam pasal 31 ayat 1945 sebagai perwujudan tujuan negara Republik Indonesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Konsep pendidikan inklusi dimaksudkan untuk memberi solusi adanya perlakuan diskriminatif dalam layanan pendidikan terutama bagi para difabel atau anak-anak berkebutuhan khusus.
       Sayangnya, landasan tersebut luntur ketika dihadapkan dengan realitas pendidikan di lapangan. Pendidikan yang semestinya jadi potret keadilan dan kesetaraan bagi semua kalangan masih menyisakan beberapa noda hitam seperti pembatasan latar belakang sosial, kemampuan fisik, mental, tingkat intelektual, dsb. Masih ada kelompok minoritas yang belum terakomodir dalam pendidikan pada umumnya. Seperti halnya kelompok-kelompok  yang termarginalkan ke dalam sekolah-sekolah berlabel “Luar Biasa” yang memisahkan mereka dengan masyarakat luar dan teman sebayanya.
Menanggapi persoalan ini sekaligus memeringati  Milad PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke-8, tanggal 2 Mei mendatang akan digelar seminar yang bertema “From inclusion to Education for All.” Seminar yang bertempat di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini diharapkan dapat menjadi ajang tukar pikiran, berdiskusi, memecahkan masalah, hingga pembuatan rumusan bersama mengenai konsep pendidikan inklusi yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah, kususnya di Yogyakarta.  Seminar akan menghadirkan pembicara Manager Program Pendidikan Inklusi PLD UIN Sunan Kalijaga Jamil Suprihatiningrum, M.Pd, S.i dan Koordinator Pusat Sumber Pendidikan Inklusi (PSPI) Provinsi DIY Setia Adi Purwanta, M.Pd. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga selesai. Selain itu ada juga sesi hiburan pertunjukan akustik dari Band Forsi. Fasilitas yang ditawarkan kepada peserta adalah free snack dan sertifikat. Acara terbuka untuk umum dan kuota peserta terbatas.
Rangkaian acara selanjutnya masih dalam rangka memeriahkan Milad PLD UIN Sunan Kalijaga ke-8 hari kedua (03/04) akan diadakan acara jalan sehat bersama teman-teman PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lokasi Start  di depan Poliklinik UIN Sunan Kalijaga yang dimulai pukul 06.30 WIB.  Jalan sehat terbuka bagi masyarakat umum dan gratis tidak dipungut biaya apapun. Peserta dapat meraih kesempatan mendapatkan hujan doorprize yang bernilai jutaan rupiah, seperti televisi, dispenser, setrika, kipas angin, dll. Hiburan yang tak kalah menarik datang dari organ tunggal yang dimeriahkan oleh teman-teman Yaketunis Music. Untuk mengikuti kedua acara tersebut peserta tinggal mendaftar dengan format PLD#Nama#Kegiatan (Seminar/ Jalan Sehat) dikirim ke 081908700528 (Nandar) atau 085602044974 (Melia). Segera daftarkan diri Anda dan jangan sampai ketinggalan. Salam Inklusi! (Iis).

You Might Also Like

0 comments

About me

Like us on Facebook