Terkini di PLD:
Loading...

Admisi Jalur Khusus Difabel: FAQ


1. Dari jalur-jalur pendaftaran yang ada, apakah difabel dapat mendaftar?
Difabel dapat mendaftar ke UIN Sunan Kalijaga melalui semua jalur yang tersedia:

  • SNMPTN (untuk prodi umum)
  • SBMPTN (untuk prodi umum)
  • SPAN-PTKIN (untuk prodi di bawah kementerian agama)
  • UM-PTKIN (untuk prodi di bawah kementerian agama)
  • Mandiri CBT (Computer-based)
  • Mandiri Paper-based (tulis)
  • Tanpa tes (hafal al-Qur'an 26 juz, juara olimpiade nasional)
Pendaftar difabel akan diperlakukan dengan baik dan mendapatkan akomodasi yang diperlukan. Seperti pendampingan untuk tunarungu dan tunanetra, atau akomodasi ruangan untuk tunadaksa.

2. Lalu, apakah yang dimaksud dengan "pendaftaran jalur khusus difabel"?
Jika Anda merasa keberatan dengan proses dan persyaratan jalur-jalur pendaftaran yang diselenggarakan secara nasional (SNMPTN/SBMPTN/SAPN-PTKIN/UM-PTKIN), Anda dapat mengikuti jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga.Untuk pendfatar difabel, jalur ini telah diakomodasi sedemikian rupa agar semua kebutuhan difabel dengan beragam difabilitasnya dapat terakomodasi secara maksimal.
Melalui jalur Mandiri, difabel dapat memperoleh berbagai keringanan, misalnya jumlah soal yang dikerjakan, jenis soal yang dikerjakan, waktu mengerjakan yang lebih lama, dan akomodasi-akomodasi aksesibilitas lain yang mungkin diperlukan sesuai kondisi disabilitasnya.

3. Apakah difabel dapat mendaftar di semua prodi?

Pada prinsipnya difabel dapat mendaftar di semua prodi. Tetapi kami merekomendasikan agar para difabel calon mahasiswa UIN menghubungi Pusat Layanan Difabel untuk memperoleh gambaran aksesibilitas dan layanan yang bisa disediakan oleh UIN Sunan Kalijaga. Misalnya, mahasiswa tunanetra dapat mendaftar di semua prodi, tetapi untuk mendaftar di Prodi Kimia, UIN Sunan Kalijaga belum bisa memberikan aksesibilitas dan akomodasi yang diperlukan untuk mahasiswa tunanetra. Selama mahasiswa difabel menyetujui kondisi-kondisi yang diperlukan, ia dapat mememilih semua prodi yang ada.

4. Apakah ada beasiswa khusus difabel?
Kami tidak menyediakan beasiswa khusus difabel. Kami berprinsip bahwa disabilitas bukan kecacatan atau kekurangan yang dengan sendirinya menjadi alasan untuk mendapatkan beasiswa. Tetapi, UIN Sunan Kalijaga sewtiap tahunnya menyediakan beasiswa dalam jumlah yang cukup untuk mahasiswa miskin.Mahasiswa difabel yang berasal dari keluarga tidak mampu dapat mengajukan beasiswa dari jalur ini.

5. Adakah yang bisa kami hubungi untuk konsultasi?
Bila diperlukan, Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga akan membantu Anda sepenuhnya dari proses pemilihan prodi, admisi, dan proses administrasi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang admisi khusus difabel, hubungi:
Arif Maftuhin, 
Telp. 083874224004 
email: pld@uin-suka.ac.id.

About me

Like us on Facebook