Terkini di PLD:
Loading...

PLD UIN Sunan Kalijaga selenggarakan Workshop PTAI Inklusif


Setelah lebih dari tujuh tahun mengembangkan diri sebagai satu-satunya perguruan tinggi agama Islam yang melayani penyandang disabilitas, PLD UIN Sunan Kalijaga mengundang lembaga-lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendiskusikan kondisi, potensi, dan tantangan pendidikan inklusif di lingkungan perguruan tinggi agama Islam.

Acara workshop "Peran LP2M dalam Mewujudkan Kampus Inklusif" diselenggaran antara tanggal 15-17 November 2014 dan bertempat di Quin Colombo Hotel, Kalasan.

Acara yang dihadiri 30 PTAI, mulai dari Aceh, Samarinda, Makassar, hingga Jayapura ini menjadi media bagi PLD untuk membagikan pengalaman mendirikan sebuah lembaga yang mendukung terwujudnya kampus inklusif, melayani para difabel, dan menggalang dukungan para relawan.

Salah satu sesi workshop, bersama Bu Andayani dan Siti Aminah
Di sela-sela kegiatan, para difabel yang sedang kuliah dan sudah lulus berbagi testimoni dengan para peserta tentang pengalaman mereka belajar di UIN Sunan Kalijaga. Banyak peserta yang terkesan dengan para difabel ini. "Tidak mengira kalau difabel bisa menggunakan komputer", kata salah seorang peserta.

Irma, tunanetra, tampil memukau dengan suara merdunya
Warkah, mahasiswa tunarungu yang juga hadir untuk memberikan testimoni, menjadi salah satu primadona para peserta. Warkah yang berkisah blak-blakan benar-benar membuat salah seorang peserta tak bisa menahan diri untuk meminta foto bersama. Saat diminta foto dengan para peserta yang lain, ia mengatakn, "Yang penting aku sudah foto sama Warkah!"

Sesi terpeting: foto bareng :)
Di hari terakhir workshop, para seperta diajak dalam "Campus Tour" untuk menyaksikan secara langsung bagaimana suasana sehari-hari di kantor PLD. Tidak perlu make-up, peserta bisa menyaksikan bahkan dari pagi buka kantor pun sudah ada tiga difabel yang sedang di ruang "Accessible Learning Center" (ALC). Beni, tuli, tengah browsing Internet, sementara Irma dan Rohmadi (tunanetra), sedang menyiapkan tugas kuliah. Peserta juga berkunjung ke masjid dan Difabel Corner di Perpustakaan.
Kunjungan ke kantor PLD
 

UNDUH MATERI WORKSHOP KLIK DI SINI

You Might Also Like

1 comments

About me

Like us on Facebook