Terkini di PLD:
Loading...

Pengenalan Divisi kepada Relawan PLD

Menindaklanjuti hasil pertemuan dengan kepala PLD pada 12 Januari 2021 mengenai presentasi divisi, PLD mengadakan pertemuan lanjutan dengan relawan baru secara daring pada 27 Februari 2021. Acara pengenalan yang dipandu oleh Sri Muliyati ini menarik perhatian para relawan, khususnya relawan baru. Mereka antusias dan penasaran dengan kegiatan apa saja yang ada di PLD, selain pendampingan difabel. Kegiatan di PLD terorganisasi dalam beberapa divisi.

Pertama, Divisi Pendampingan. Pendampingan merupakan program yang wajib diikuti oleh relawan. Setiap relawan yang mendaftar di PLD diharuskan mengambil pendampingan perkuliahan bagi teman difabel minimal 2 sks (1 mata kuliah). Kedua, Divisi Isyarat yang memberikan layanan kepada Tuli. Relawan yang tergabung dalam pelatihan isyarat akan diberikan akses untuk mempelajari Bahasa Isyarat bersama fasilitator. Tujuan pelatihan isyarat adalah menciptakan juru Bahasa Isyarat yang profesional. Ketiga, Divisi Monthly Coffeebility. Monthly Coffeebility merupakan diskusi bulanan mengenai isu difabel yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali oleh PLD. Divisi Monthly berperan sebagai penyelenggara kegiatan diskusi ini. Tujuan dari divisi ini adalah meningkatkan kesadaran terhadap isu difabel sehari-hari baik di lingkungan UIN maupun umum. Keempat, Divisi Media. Divisi ini bertugas untuk mengelola media sosial PLD. Kelima, Divisi Gita Difana. Gita Divana merupakan program paduan suara inklusif yang menggabungkan suara dengan Bahasa isyarat. Personil Gita Difana terdiri dari relawan dan difabel. Keenam, Divisi E-literasi. Divisi ini berperan untuk mendukung kebutuhan mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga dalam mengakses buku seperti scanning bahan kuliah dan pengadaan pelatihan Jaws untuk mahasiswa difabel netra. Ketujuh, Divisi Keagamaan. Divisi ini menjalankan program materi keagamaan bagi mahasiswa Tuli yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Program ini bermula dari permintaan mahasiswa Tuli yang ingin belajar keagamaan (Islam). Tidak hanya itu, pembimbing dari divisi keagamaan merupakan ustadz/ustadzah yang akan melakukan pengujian baca tulis Al-Quran kepada mahasiswa Tuli semester akhir. Kedelapan, Divisi Futsal. Saat ini, divisi ini merupakan satu-satunya program di bidang olahraga. Divisi ini bertujuan untuk saling mempererat relasi antara relawan dan difabel melalui olahraga. Kesembilan, Divisi Akustik. Divisi ini merupakan wadah bagi mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga yang memiliki bakat bermusik. Divisi ini menggabungkan berbagai talenta baik dari mahasiswa difabel netra yang piawai memainkan gitar, bass, cajon, ukulele, dan piano maupun mahasiswa difabel yang lain memiliki bakat di bidang tarik suara.

Setelah paparan sosialisasi selesai, relawan baru PLD diberikan ruang untuk bertanya lebih jauh mengenai divisi yang menarik minatnya. Selanjutnya, mereka diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran bagi yang berminat pada divisi-divisi tersebut. “Kalau di PLD banyak divisi dan kegiatannya, saya akan merasa betah dan tidak monoton. Disamping kita mendampingi mahasiswa difabel berkuliah, kita juga bisa ikut dalam berbagai kegiatan sesuai dengan minat kita” ucap salah satu relawan baru sebagai penutup pertemuan.

Kalian berminat untuk bergabung dalam divisi apa nih???

[Sri Muliyati / @srimul.yaa]

Para Relawan yang Bergabung di Zoom Meeting

Kabar terkait ...

0 comments