Terkini di PLD:
Loading...

Pelatihan Bahasa Isyarat Tahun 2021


Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa Tuli dari tahun ke tahun di UIN Sunan Kalijaga menunjukkan semakin butuhnya relawan yang menguasai kemampuan dalam berbahasa isyarat. Saat ini jumlah juru bahasa isyarat belum memenuhi kebutuhan yang ada. Oleh Sebab itu, PLD menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Isyarat untuk para relawan agar bisa mencetak juru bahasa isyarat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pelatihan Bahasa Isyarat baik untuk relawan baru maupun lama dimulai pada awal bulan. Pelatihan diadakan secara daring menggunakan Zoom Meeting dan secara luring diselenggarakan di kantor PLD. Pelatihan bahasa isyarat ini diajar langsung oleh mahasiswa Tuli yang berpengalaman dalam mengajar di berbagai komunitas. Selain dibimbing oleh guru Tuli, pelatihan ini juga didampingi oleh fasilitator yang sudah memiliki kemampuan dalam juru bahasa isyarat. Bahasa isyarat yang dipilih adalah BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia). BISINDO merupakan bahasa yang dibuat oleh Tuli sendiri yang berkembang secara alami.

Kelas Pelatihan Bahasa Isyarat dibuka untuk tiga tingkatan yaitu tingkat dasar, menengah dan mahir. Untuk tingkat dasar pelatihan bahasa isyarat diselenggarakan setiap minggu sekali di hari Selasa. Untuk level dasar, pertemuan dilaksanakan sebanyak 11 kali. Sementara untuk tingkat menengah atau kelas intensif dilaksanakan empat kali dalam satu minggu, yakni hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Kelas mahir diadakan dua kali dalam satu minggu pada hari Jumat dan Sabtu. Seluruh kelas yang diadakan PLD ini terbuka bagi umum, khususnya para relawan dan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga untuk mewujudkan kampus yang ramah difabel.


Kabar terkait ...

0 comments