Terkini di PLD:
Loading...
, , ,

Sinergi Admisi dan PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Sosialisasi PMB Difabel

Sesi foto bersama pemateri dan peserta sosialisasi admisi difabel

PLD - Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bersama dengan Pusat Layanan Difabel (PLD) menggelar sosialisasi untuk penerimaan mahasiswa baru difabel pada hari Sabtu, 18 Juni 2022.

Lebih dari 40 calon mahasiswa baru difabel beserta orang tua mengikuti acara sosialisasi ini secara daring. Sosialisasi ini diadakan dengan tujuan memberikan gambaran kepada calon mahasiswa baru difabel yang akan mendaftar di UIN Sunan Kalijaga. 

Acara sosialisasi diawali dengan pemaparan profil PLD, dilanjut dengan penjelasan berbagai jalur masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta oleh Admisi, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. 

Proses tanya jawab berlangsung aktif, dengan berbagai pertanyaan seperti informasi beasiswa untuk mahasiswa difabel, persyaratan untuk setiap jalur PMB, kuota penerimaan, informasi PMB difabel untuk pascasarjana, dan lain-lain.

Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos, M.A selaku kepala PLD mengatakan "Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mendaftar PMB adalah orangtua calon mahasiswa baru harus berkonsultasi dengan PLD mengenai program studi yang akan dipilih, agar sesuai dengan bakat dan minat, dan agar terjadi pemerataan difabel di setiap fakultasnya, selain itu juga agar peluang diterimanya lebih besar. Diskusi ini juga dilakukan untuk memudahkan PLD dalam memberikan bantuan yang tepat untuk calon mahasiswa baru difabel".

Ibu Siti Khodijah selaku perwakilan Admisi UIN Sunan Kalijaga mengatakan "UIN Sunan Kalijaga sangat terbantu oleh PLD dalam kegiatan PMB ini." lebih lanjut ia juga mengatakan "Pendaftar jalur afirmasi portofolio khusus difabel akan kami terima hampir 99 persen jika ada rekomendasi dari PLD, karna kami yakin PLD UIN Sunan Kalijaga berisi orang-orang yang sudah ahli dan sudah berpengalaman dalam menangani mahasiswa difabel selama lebih dari 14 tahun."

Pemaparan materi oleh Kepala PLD Dr. Astri Hanjarwati

UIN Sunan Kalijaga sudah dikenal sebagai kampus yang ramah difabel. Menyediakan berbagai program studi yang bisa dipilih mahasiswa difabel tanpa diskriminasi dengan berbagai jalur masuk, salah satunya adalah jalur afirmasi PMB Portofolio Difabel. 

Sejauh ini UIN Sunan Kalijaga bersam PLD telah menerima berbagai macam mahasiswa difabel seperti mahasiswa disabilitas netra, tuli, daksa, mental, dan intelektual. (MM)

Kabar terkait ...

1 comments