Terkini di PLD:
Loading...
,

Monthly DisabiliTea Edisi Desember, Join Yuk!



PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TAKTUAL
MODEL ATOM
UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VIII

Wahyu Triningsih

Alumni Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan alat peraga taktual model atom dan panduan materi model atom untuk siswa tunanetra kelas VIII, (2) mengetahui kualitas alat peraga model atom dan panduan materi model atom untuk siswa tunanetra kelas VIII, (3) mengetahui respon siswa terhadap alat peraga taktual model atom dan panduan materi model atom.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mengadaptasi pada penelitian Borg dan Gall dengan langkah pengembangan yaitu (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Teknik pengumpulan data berupa non tes dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif menjadi data kualitatif.

Penelitian ini telah menghasilkan alat peraga taktual model atom dan panduan materi model atom untuk siswa tunanetra kelas VIII. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru IPA, secara keseluruhan alat peraga taktual model atom dan panduan materi model atom memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 3,48 dan 3,54. Respon siswa terhadap alat peraga taktual model atom dan panduan materi model atom baik pada uji coba lapangan skala kecil maupun uji coba lapangan skala besar termasuk dalam kriteria sangat baik.

You Might Also Like

1 comments

About me

Like us on Facebook